Duwet – Pelaksanaan posbindu PTM untuk lansia di Desa Duwet, Kecamatan Baki yang diselenggarakan pada 13 Juli 2022 dan bertempat di Balaidesa Duwet dihadiri oleh kurang lebih tiga puluh orang serta para kader posbindu. Pos Binaan Terpadu Penyakit Tidak Menular (POSBINDU-PTM) adalah kegiatan monitoring dan deteksi dini faktor resiko PTM terintegrasi (penyakit jantung ,diabetes, penyakit paru, asma, dan kanker) serta gangguan akibat kecelakaan dan tindakan kekerasan dalam rumah tangga yang dikelola oleh masyarakat melalui pembinaan. Peserta Posbindu didominasi oleh wanita berusia 30-70 tahun.

Acara dimulai dengan pemeriksaan kesehatan meliputi pengukuran berat badan dan tekanan darah. Kegiatan ini dilakukan oleh kader bersama dengan mahasiswa KKN IPE – AIK dari Program Studi Kesehatan Masyarakat dan Fisioterapi, Fakultas Ilmu Kesehatan, Universitas Muhammadiyah Surakarta. Mahasiswa membantu kader dalam mengukur tekanan darah,  pencatatan hasil pengukuran tekanan darah dan berat badan, umur, dan alamat. Kegiatan ini dilanjutkan dengan senam bersama menggunakan panduan gerakan dari channel YouTube Germas.

Senam dan Pemeriksaan Tekanan Darah

Setelah seluruh kegiatan tersebut dilaksanakan, pada waktu istirahat dan pembagian konsumsi diisi dengan penyuluhan dari mahasiswa terkait dengan masalah kesehatan Low Back Pain atau yang biasa disebut nyeri pinggang bagian bawah. Dalam penyuluhan dijelaskan hal terkait dengan fakta-fakta dan cara untuk mengurangi nyeri pinggang bagian bawah yang bisa dilakukan secara mandiri dirumah.

Penyuluhan Kesehatan oleh Mahasiswa KKN IPE-AIK UMS

Antusias peserta posbindu sangat besar, hal ini ditunjukkan dari reaksi ibu-ibu yang ingin ikut mencoba mempraktekan gerakan-gerakan untuk mengurangi nyeri pinggang bagian bawah.

Peserta Mempraktekan gerakan mengurangi Low Back Pain

Harapan dari adanya penyuluhan ini agar masyarakat khususnya di Desa Duwet yang mengalami nyeri pinggang bagian bawah dapat mengurangi rasa nyeri tersebut dengan melakukan beberapa gerakan secara mandiri di rumah seperti yang telah disampaikan oleh mahasiswa KKN IPE-AIK UMS.