Minggu, 17 Juli 2022 telah diadakan senam bersama di depan pabrik penggilingan padi desa Duwet, Baki, Sukoharjo. Kegiatan yang diselenggarakan oleh kerjasama antara mahasiswa KKN UMS dan UIN Mas Said ini dihadiri oleh ibu-ibu dari RW 005 desa Duwet sebanyak 36 orang. Senam selain sehat untuk kesehatan tubuh juga sangat bermanfaat untuk kesehatan jantung. Senam apabila dilakukan secara rutin dapat meningkatkan kerja jantung, yang mana itu sangat bermanfaat untuk orang orang yang memiliki banyak aktivitas. Namun, sebelum melaksanakan senam bersama, seluruh peserta dilakukan pengecekan tekanan darah terlebih dahulu oleh mahasiswa KKN. Pelaksanaan senam bersama diinstrukturkan oleh mahasiswa dan diikuti dengan antusias yang tinggi oleh peserta.

 

Setelah pelaksanaan senam selesai, kagiatan dilanjutkan dengan penyuluhan oleh mahasiswa KKN UMS. Penyuluhan yang diberikan terkait hipertensi yang sering terjadi dikalangan masyarakat umum. Penyuuhan yang diberikan diharpakan dapat mengedukasi peserta dan dapat menjadi pedoman yang bermanfaat dimasa akan datang.

 

Tidak sampai disitu saja, kegiatan ini juga diselingi dengan pembuatan es kuwut yang dilakukan oleh mahasiswa untuk peserta. Es kuwut yang berbahan dasar dari mentimun ini memiliki banyak manfaat salah satunya adalah dapat meredakan hipertensi. Harapan kami untuk kedepannya, agar peserta selalu mengingat momen berharga dan menyenangkan menikmati es kuwut sembari diberikannya penyuluhan mengenai hipertensi ini.

 

Setelah itu semua selesai, maka selesailah kegiatan ini. Kami sangat berterimakasih kepada seluruh panitia dan peserta yang telah bekerjasama agar terlangsungkannya kegiatan ini.