Duwet – Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPQ/TPA) adalah suatu lembaga non formal yang memberikan pembelajaran keagamaan dan fokus pada baca tulis Al-Qur’an tingkat dasar. Peraturan Pemerintahan No. 55 tahun 2007 pasal 24 ayat 2 tentang Pendidikan Agama dan Pendidikan Keagamaan menyatakan bahwa Pendidikan Al-Qur’an terdiri dari Taman Kanak-Kanak Al-Qur’an (TKQ), Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPQ), Ta’limul Qur’an lil Aulad (TQA), dan bentuk lain yang sejenis.

Di Desa Duwet terdapat beberapa TPA yang salah satunya berada di Masjid Asy-Syafaat yang berada di dusun Slemben, Duwet. Kegiatan TPA ini dilaksanakan setiap hari Rabu, Jum’at dan Sabtu. Waktu pelaksanaan TPA dimulai dari pukul 16.00 sampai 17.30. Metode pengajaran latihan baca Al-Qur’an diberikan beberapa kelas untuk mengelompokkan berdasarkan kemampuan murid-murid TPA dalam membaca Al-Qur’an. Pengajaran TPA ini dilakukan oleh ustadz/ustadzah setempat dengan dibantu oleh Mahasiswa Ma’had Aly An-nuur.

Pada Sabtu, 16 juli 2022 Mahasiswa KKN IPE-AIK Universitas Muhammadiyah Surakarta mengadakan perlombaan di TPA Masjid Asy-Syafaat ini. Perlombaannya yaitu lomba mewarnai dan lomba Adzan. Kegiatan ini berlangsung dengan penuh antusiuas dari pada murid-murid TPA. Acara dimulai dengan doa bersama sebelum memulai kegiatan dengan dilanjutkan dengan pembagian media gambar untuk diwarnai. Selain itu, lomba Adzan juga dilaksanakan bebarengan dengan pelaksanaan lomba mewarnai dengan juri lomba mewarnai dari mahasiswa KKN UMS dan juri lomba adzan dari Mahasiswa KKN UMS dibantu oleh Mahasiswa Ma’had Aly An-nuur.

Pengumuman hasil lomba dilakukan pada Rabu, 20 Juli 2022 berlangsung dengan meriah. Antusiasme yang tinggi saat diberikan kuis keislaman sebelum pengumuman lomba menambah kemeriahan pada rangkaian kegiatan ini.

Harapan kami setelah dilakukannya serangkaian lomba ini dapat menjadi penyemangat bagi para Murid TPA Masjid Asy-Syafaat ini untuk menjadi generasi islami yang selalu berada di jalan Allah dan menjadi generasi penerus bangsa dengan terus memaksimalkan potensi diri masing-masing.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.