Dalam rangka memperingati Hari Kesaktian Pancasila,  Mahasiswa KKN Universitas Batik Surakarta mengadakan kegiatan yang bertema “Edukasi Ketahanan Pangan Sejak Dini melalui lomba mewarnai untuk  TK Se- Desa Duwet,  yang diselenggarakan Hari Jumat (28/10/2022) pukul 08.00 pagi di

Peserta menyiapkan peralatan sendiri (meja, pensil warna, dan juga perlengkapan mewarnai lainnya), dan panitia menyediakan kertas gambar atau nuansa sketsa bertemakan bapak tani yang sedang memanen sayuran.

Tujuan lomba mewarnai untuk Siswa Taman Kanak-kanak yang dilaksanakan Mahasiswa KKN UNIBA Surakarta  yaitu :

  1. Meningkatkan motorik halus Siswa Taman Kanak-Kanak
  2. Meningkatkan Kreatifitas anak dalam Bidang Seni mewarnai Gambar.
  3. Meningkatkan Rasa Solidaritas / kekompakan anak diantara siswa TK dalam kepedulian terhadap sektor pangan baik di dalam lingkungan Sekolah maupun keluarga

Pelaksanaan lomba sekitar kurang lebih 2 jam, adapun kriteria penilaian dalam lomba mewarnai yaitu sebagai berikut : Kerapihan dan Kebersihan (Finishing), Kreatifitas memadukan warna (Harmoni), Ketelitian dan Kecermatan (Motorik). Juri akan menentukan 3 orang pemenang untuk kriteria dalam menilaian tersebut dan tentunya keputusan dewan juri tidak bisa di ganggu gugat terkait hasil pemenang lomba mewarnai.

 

 

Lomba mewarnai bagi Siswa Taman Kanak-Kanak, merupakan salah satu upaya atau inspirasi meningkatkan Kreatifitas Anak di bidang seni pewarnaan dalam media gambar dan memperkenalkan serta mendekatkan siswa terhadap Pangan Lokal Pangan Sehat, serta memberikan Pemahaman dan  rasa kepedulian siswa terhadap pangan lokal yang sehat dan memperkenalkan lingkungan.