Salah satu kegiatan Desa yang dilakukan oleh Bidan Desa dan Dinas Kesehatan Puskesmas Kecamatan Baki mengadakan penyuluhan yang bertemakan “Penyuluhan Gervasa dan Pemeriksaan IVA Tes (Deteksi Dini Kanker Rahim) di Balai Desa Duwet pada hari Kamis, 10 November 2022.

Kanker adalah penyakit akibat pertumbuhan tidak normal dari sel-sel jaringan tubuh yang berubah menjadi sel kanker. dalam perkembangannya, sel-sel kanker ini dapat menyebar ke bagian tubuh lainnya sehingga dapat menyebabkan kematian. Kanker merupakan salah satu penyebab kematian yang paling utama di dunia.

Kanker leher rahim atau biasa dikenal dengan kanker serviks merupakan salah satu penyebab kematian terbesar bagi perempuan. IVA tes (inspeksi visual dengan asam asetat) merupakan cara sederhana untuk mendeteksi kanker leher rahim sedini mungkin.

Pemeriksaan IVA gratis bagi warga desa yang minat dan ternyata antusias warga yang berkunjung luar biasa banyak yang berdatangan. Kegiatan ini diharapkan sesering dilakukan mungkin dilaksanakan sebagai edukasi bagi masyarakat tentang apapun yang berkaitan dengan dengan kesehatan.